Pemerintah Dinilai Perlu Antisipasi Perang Dagang AS-China
Posted by redaksi2 on 11th July 2018
| 40 views

AktualPress.com— Wakil Ketua Kadin Bidang Hubungan Internasional Shinta Widjaja Kamdani menilai Indonesia masih belum terkena dampak secara langsung dari perang dagang AS-China.  Sebab, Indonesia saat ini hanya di-review Generalized System of Preference (GSP).

“Indonesia sendiri saat ini kita cuma di-review Generalized System of Preference (GSP) nya saja pada saat ini,” kata Shinta, Rabu (11/7).

Meski demikian, Shinta tetap memperingatkan pemerintah agar segera melakukan langkah antisipasi untuk mencegah dampak perang dagang AS-China terhadap Indonesia.

Menurut dia, pemerintah perlu melakukan pemetaan terhadap produk Indonesia dari sekarang untuk mengetahui mana saja produk yang kompetitif. Hal itu dilakukan agar peluang GSP tidak dicabut.

“Jadi misal ke Amerika saat ini kita sedang di-review GSP nya. Itu bagaimana GSP kita itu jangan sampai dicabut karena itu kan akan berpengaruh kepada keringanan bea masuk tarif ekspor kita ke Amerika juga,” ujarnya.

Dalam hal ini, faktor utama yang menjadi pertimbangan AS dalam melakukan review terhadap negara-negara calon penerima GSP adalah evaluasi akses pasar terhadap produk dan pelaku usaha AS, evaluasi terhadap perlindungan hak kekayaan intelektual, dan jaminan hak tenaga kerja. Hal itu dikordinasikan oleh United State Trade Representative (USTR). (Sihab/republika)

 

 

SHARE THIS: