Harga Rokok di Indonesia Sudah Mahal
Posted by redaksi2 on 17th July 2018
| 46 views

AktualPress.com— Kepala Sub Direktorat Komunikasi dan Publikasi Direktorat Jenderal Bea Cukai Deni Surjantoro menilai, harga rokok di Indoneisa sekarang sudah mahal.

“Kalau secara nominal absolut memang murah, namun kalau kita mempertimbangkan daya beli, harga rokok di Indonesia sudah mahal,” ujar Deni, Selasa (17/7).

Dalam hal ini, harga rokok di Indonesia jika dibandingkan dengan pendapatan masyarakat per kapita per hari itu termasuk yang tertinggi.

Berdasarkan Purchasing Power Parity (PPP), harga rokok relatif terhadap pendapatan masyarakat Indonesia tergolong tinggi, yaitu 2,9 persen. Sementara di Singapura dan Malaysia masing-masing hanya 1,5 persen serta 2 persen.

Naiknya harga rokok secara signifikan ini juga dinilai dapat berimbas negatif bagi kelangsungan industri rokok.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, tingginya harga rokok dapat merubah perilaku konsumen untuk memilih rokok yang murah.

Selain itu, kata Bhima, naiknya harga rokok yang tinggi justru bisa meningkatkan peredaran rokok ilegal.

“Dengan dalih jika harga rokok dinaikkan bahkan lebih dari Rp50 ribu lalu seolah-olah konsumsi rokok akan menurun. Yang paling berbahaya justru meningkatnya peredaran rokok ilegal,” kata dia. (Sihab/republika)

SHARE THIS: