Pemerintah Terus Tekan Tingkat Ketimpangan
Posted by redaksi2 on 18th July 2018
| 52 views

AktualPress.com— Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis angka rasio gini yang menjadi tolak ukur tingkat ketimpangan pengeluaran masyarakat. Dari data yang tercatat, rasio gini per Maret 2018 sebesar 0,389, lebih rendah jika dibandingkan September 2017 sebesar 0,391.

Dalam hal ini, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas telah berkomitmen untuk terus berupaya menekan angka ketimpangan. Salah satunya adalah dengan menggenjot pembangunan.

Menurutnya, pemerataan jangan dilihat sebagai efek samping pembangunan, tetapi tujuan utama pembangunan.

“Aspek pemerataan sudah harus menjadi mainstreampembangunan. Tidak lagi hanya sekadar efek samping pembangunan,” kata Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Selasa (17/7).

Bambang menyampaikan, saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia masih terpusat di Jawa dengan angka 60 persen. Sementara di Sumatera sebesar 20 persen dan 20 persen di daerah lain.

Dia mengatakan, pemerintah mempunyai tiga program utama untuk meningkatkan aktivitas ekonomi di daerah luar Pulau Jawa.

Pertama, meningkatkan pembangunan di daerah-daerah tertinggal yang memiliki potensi ekonomi yang kuat dengan menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi di area-area metropolitan.

Kedua, fokus untuk menciptakan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi baik di perdesaan maupun perkotaan.

Ketiga, meningkatkan pembangunan infrastruktur dan layanan-layanan dasar di daerah yang paling sedikit maju baik di perdesaan maupun perkotaan. (Sihab/republika/jakartapost)

 

 

SHARE THIS: