4 Fakta Unik Tentang Bulan
Posted by Lestari on 29th July 2018
| 61 views

AktualPress.com – Gerhana bulan total telah terjadi pada Sabtu lalu (28/7). Gerhana bulan tahun ini (2018) menjadi gerhana bulan yang memiliki rentang waktu terlama daripada gerhana bulan yang terjadi sebelum-sebelumnya. Di samping fakta mengenai gerhana bulan yang baru saja terjadi, ternyata terdapat sejumlah fakta unik dan menarik tentang bulan, yaitu sebagai berikut:

Pertama, antara bumi dan bulan berotasi bersama dalam sistem tata surya kita, sehingga kita selalu melihat bulan dari posisi yang sama. Bulan yang bisa kita lihat terang adalah akibat dari pantulan cahaya matahari. Bagian dari bulan yang biasa kita lihat pada malam hari adalah bagian siang dari bulan akibat cahaya matahari yang mengenainya.

Kedua, ukuran bulan ialah lebih kecil daripada benua Asia yang luasnya 44,4 juta kilometer persegi. Sedangkan luas bulan adalah 37,9 juta kilometer persegi.

Ketiga, bulan tidak memiliki atmosfer. Bulan tidak memiliki atmosfer seperti bumi, sehingga tampak seperti ruang hampa. Langit selalu terlihat hitam, tidak seperti bumi yang dapat melihat warna langit menjadi biru ketika siang hari. Selain itu, tidak adanya atmosfer membuat suhu di bulan dapat berubah secara drastis sewaktu-waktu, dari panas ke dingin dan sebaliknya.

Keempat, bulan membutuhkan waktu 27,3 hari untuk sekali orbit di sekeliling bumi. Selain itu, bulan membutuhkan waktu 29,9 hari untuk melewati semua siklusnya, dari mulai bulan mati, sabit, hingga purnama. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: