Sebab Gerhana Bulan Total Super Blood Moon
Posted by Lestari on 29th July 2018
| 122 views

AktualPress.com – Gerhana bulan total atau yang disebut dengan super blood moon yang jatuh pada bulan ini adalah gerhana bulan terlama pada abad 21. Gerhana tersebut terjadi pada dini hari hingga menjelang matahari terbit, durasinya sekitar 107 menit.

Disebut super blood moon karena warnanya yang berubah menjadi kemerahan seperti darah pada saat terjadi gerhana.

Warna merah darah tersebut disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari oleh atmosfer bumi sehingga warna merah cahaya matahari lah yang menimpa bulan. Selain itu, durasinya yang disebut paling lama pada abad ini pun dikarenakan lintasan bulan yang berada dekat dengan garis tengah lingkaran bayangan bumi dan jarak bulan terjauh dari bumi.

Selain kita bisa menyaksikan gerhana bulan super blood moon, kita juga bisa melihat penampakan planet Mars karena bulan di planet Mars juga sedang dalam siklus purnama dan hujan meteor yang terjadi setelahnya. Hal ini terjadi secara bersamaan pada hari kemarin.

Meteor yang jatuh adalah Southern Delta Aquarids dan Piscis Austrinis yang masing-masing akan meluncurkan meteor sebanyak 20 buah dan 5 buah tiap jamnya. Kita bisa mengamati hujan meteor tepat di atas gerhana bulan yang memerah. (AL/Banjarmasin Post)

SHARE THIS: