4 Tips Membaca Buku Secara Efektif
Posted by Lestari on 31st July 2018
| 57 views

AktualPress.com – Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, kita seolah akan membuka jendela untuk melihat bagaimana kemelut dunia yang kita singgahi. Sebaliknya, tanpa membaca buku, kita seperti mengurung diri di dalam ruangan, tanpa membuka jendela kita, sehingga kita tidak akan tahu apa yang sedang terjadi di luar ruangan kita, yaitu: apa yang sedang terjadi di dunia ini.

Banyak orang yang gemar membaca buku, namun tidak tahu cara efektif untuk membaca buku. Cara efektif dalam membaca buku dapat meningkatkan gairah membaca dan dapat memahami isi buku secara cepat, sehingga kita bisa melahap banyak buku dalam waktu seminggu atau bahkan sehari saja.

Bagaimana cara-cara efektif dalam membaca buku, mari simaklah lima cara di bawah ini:

Pertama, memilih topik bacaan yang sesuai dengan minat kita pada saat itu. Banyak genre buku yang ada di dunia ini, namun tidak semuanya bermanfaat untuk diri kita. Kita harus bisa memilihnya sesuai minat kita, sehingga kita akan bergairah dalam membacanya. Ini adalah cara efektif pertama untuk membaca sebuah buku. Jika kita tidak berminat atau tidak cukup memahami genre bahasan buku, kita akan malas-malasan dalam membaca, sehingga kegiatan membaca tidak akan efektif.

Kedua, pilih waktu yang tepat untuk membaca. Membaca buku pun butuh waktu yang tepat, sehingga isi buku akan mudah dipahami. Ada yang suka memanfaatkan waktu malam hari menjelang tidur untuk membaca buku. Ada pula yang suka memanfaatkan waktu pagi hari untuk membaca buku karena pikiran masih fresh. Pilihlah waktu yang tepat sesuai diri kita.

Ketiga, membaca secara kontemplatif. Ketika membaca buku, usahakan untuk membawa pensil atau pulpen untuk menandai bagian-bagian yang menarik atau bagian-bagian yang kurang dipahami. Kemudian buatlah catatan kecil mengenai isi buku. Tentu hal ini sangat efektif untuk membantu kita dalam memahami isi buku, selain itu pun kita tidak akan mudah lupa isi buku.

Keempat, membuat mind mapping. Mind mapping adalah peta pikiran yang berisi poin-poin dari isi sebuah buku. Dengan membuat peta pikiran terkait isi buku yang sedang kita baca, itu jauh lebih efektif untuk pemahaman kita sampai kapanpun. Kita bisa membuka mind mapping bacaan kita jika kita lupa tentang isi buku suatu saat nanti. Selamat mencoba! (AL)

SHARE THIS: