Menjelang Idul Kurban, Hati-Hati Memilih Sapi!
Posted by Lestari on 2nd August 2018
| 104 views

AktualPress.com – Sekitar 20 hari lagi, kita akan memasuki hari raya kurban dalam agama Islam. Di saat itu lah, umat Islam membutuhkan hewan kurban. Namun hati-hati dalam memilih hewan kurban sekarang ini, karena banyak kurban yang mengandung banyak bakteri akibat terkontaminasi zat-zat berbahaya, dan ini sangat beresiko untuk orang yang mengkonsumsinya.

Kantor berita tirto melaporkan bahwa di daerah Bantul Yogyakarta, ada sejumlah peternak sapi yang menggembala sapinya di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Mereka memakan sisa-sisa sampah, baik sampah organik maupun anorganik.

Menurut Edi Suryadi, Dosen Fakultas Peternakan Universitas Gadjah Mada, sapi yang memakan sampah mengandung banyak bibit penyakit, karena dagingnya telah terkontaminasi penyakit akibat memakan sampah dan logam berat.

Dia menyarankan kepada warga agar menghubungi Dinas Peternakan atau dokter hewan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli hewan kurban.

“Untuk mengetahui kondisi kesehatan hewan sebelum dan setelah disembelih. Lakukan pemeriksaan antemortem dan postmortem pada dokter hewan,” ucapnya.

Lebih jauh, kandungan bakteri yang ada di dalam tubuh sapi akibat mengkonsumsi sampah dapat menyebabkan gangguan pencernaan, kanker, penuaan dini, dan menurunkan daya tahan tubuh.

Warga masyarakat harus bisa membedakan sapi pemakan sampah dan sapi pemakan rumput. Usahakan untuk membeli hewan kurban yang bersertifikat agar layak konsumsi. Bagi sapi pemakan sampah, harus dilakukan karantina terlebih dahulu selama enam bulan dengan konsumsi makanan alami dan ada sertifikat sehatnya. (AL/Tirto)

SHARE THIS: