Bergantung Dengan Ponsel Saat Bangun Tidur? Lakukan Ini Untuk Menguranginya!
Posted by Lestari on 4th August 2018
| 106 views

AktualPress.com – Ponsel menjadi momok sendiri dalam dunia kita saat ini. Banyak manusia, baik itu tua maupun muda sudah semakin bergantung kepada ponselnya. Bahkan ketika tidak memegang dan menggunakannya dalam waktu sebentar saja, maka akan merasa tidak nyaman dan merasa ada yang kurang dalam aktivitas kesehariannya.

Ponsel telah menjelma menjadi narkotika digital yang membuat ketergantungan. Terutama ketika bangun tidur, alih-alih langsung beranjak berdiri dari tempat tidur, kita justru mencari ponsel dan lalu menggunakannya. Hal ini membuat kita malas di pagi hari, dan ujung-ujungnya banyak kegiatan pagi hari yang bermanfaat menjadi terlupakan akibat sibuk dengan ponsel.

Berikut ini, ada sejumlah cara untuk mengurangi ketergantungan dengan ponsel di pagi hari:

Pertama, berlatih untuk tidak menggunakan ponsel terlalu lama. Cara agar kita tidak bergantung dengan ponsel adalah dengan mengurangi penggunaannya. Meredith Fineman, seorang pendiri FinePoint menyatakan, “Saya tidak menyalakan ponsel sebelum selesai menyikat gigi, membuat sarapan, dan berpakaian. Tidak hanya membuat lebih produktif, tapi membuat saya lepas dari ketergantungan.”

Kedua, mematikan ponsel ketika tidur. Cara paling efektif untuk mengurangi kebergantungan dengan ponsel ketika bangun tidur adalah dengan mematikan ponsel ketika tidur. Dengan mematikan ponsel, kita tidak akan mendengarkan suara apa pun dari ponsel, sehingga tidak menarik diri kita untuk menggunakannya. Memang untuk hari-hari awal, mematikan ponsel cukup tidak menenangkan bagi kita, tetapi lama kelamaan kita akan terbiasa.

Ketiga, jangan pilih lagu kesukaan sebagai alarm, tetapi pilihlah lagu yang menyebalkan. Pemilihan lagu alarm sangat penting untuk meningkatkan kegemaran pada ponsel. Jika memilih alarm dengan nada yang kita suka, kita akan cenderung untuk memegang ponsel dan menggunakannya berlama-lama, sebaliknya, jika memilih alarm dengan nada yang agak menyebalkan, kita akan cenderung mengabaikan ponsel kita atau bahkan cepat-cepat untuk mematikannya.

Keempat, jangan kesiangan bangun. Bangun kesiangan akan membuat jadwal kita berantakan. Sehingga mood di hari itu pun berkurang. Akibatnya, pelampiasannya adalah ponsel. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: