Apresiasi Rupiah Bersifat Sementara
Posted by redaksi2 on 6th August 2018
| 52 views

AktualPress.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS pada pembukaan perdagangan Senin (6/8) menguat tipis 0,09 persen di posisi Rp14.484.

Menurut Analis Valbury Asia Futures Lukman Leong, apresiasi rupiah saat ini hanya bersifat sementara. Bahkan, dia memperkirakan rupiah akan kembali melemah.

“Karena penguatan dolar yang kemarin sudah tinggi saja,” kata Lukman, Senin (6/8).

Dia menjelaskan, pada awal pekan ini rupiah kemungkinan akan mendapatkan tenaga dari rilis data pertumbuhan ekonomi kuartal II 2018 yang bagus. Akan tetapi, menurutnya, hal ini juga hanya bersifat sementara.

Dia menyampaikan, saat ini pasar masih mengkhawatirkan kondisi neraca dagang dan transaksi berjalan Indonesia yang sampai saat ini masih defisit.

“Jadi walau nanti data bagus, rupiah memang akan menguat, tapi hanya sementara,” ucapnya.

Dia memperkirakan pada perdagangan hari ini nilai tukar rupiah terhadap dolar akan bergerak di kisaran Rp 14.450-Rp 14.500.

Sebelumnya, nilai tukar rupiah sempat melemah 30 poin ke posisi Rp 14.498 dari posisi Rp 14.438. Pelemahan tersebut dipengaruhi oleh pergerakan dolar AS yang mengalami apresiasi terhadap sejumlah mata uang dunia.

Menurut Analis senior CSA Research Institute Reza Priyambada, posisi rupiah tersebut kembali berada dalam area negatif. (Sihab/cnn/republika)

 

SHARE THIS: