Kementan Dorong Sumbar Ekspor Manggis 10 Ribu ton ke China
Posted by redaksi2 on 6th August 2018
| 99 views

AktualPress.com— Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong agar ekspor berbagai komoditas pangan dapat direalisasikan. Salah satunya adalah komoditas manggis yang dalam waktu dekat akan diekspor dari Sumatera Barat ke China dengan volume 10 ribu ton.

“Sesuai arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman meningkatkan ekspor, dalam waktu dekat manggis di Kabupaten 50 Kota, Sumatera Barat segera diekspor ke China. Proses ekspor tidak instan, tetapi melalui proses mulai dari penyiapan kebunnya, registrasi dan penyiapan packaging house, serta pengurusan perijinan ekspor dan sebagainya,” kata Direktur Jenderal Hortikultura Kementan, Suwandi saat mengunjungi kebun Manggis dan gudang packaging house PT. Bumi Alam Sumatera di Kabupaten 50 kota, Sumbar, Minggu (5/8).

Suwandi mengatakan, dibukanya ekspor manggis ke China ditandai dengan penandatanganan protokol manggis oleh Badan Karantina kedua negara pada 11 Desember 2017 yang disusul dengan ekspor perdana 1 ton manggis pada Januari 2018 lalu.

“Ini sejalan dengan ketentuan yang tertuang dalam protokol ekspor Manggis ke Tiongkok adalah kebun yang sudah teregistrasi, rumah kemas yang sudah teregistrasi dan bebas dari Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) seperti Lalat Buah (Fruit flies), Kutu Putih (Mealy Bugs), dan Kutu tempurung (Scale Insect),” ujarnya.

Dia mengungkapkan, nilai ekspor manggis ke China pada 2012 mencapai 8,2 ribu ton dengan pangsa pasar 18,84 persen. Hal ini menjadikan China sebagai pasar ekspor manggis terbesar Indonesia.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumbar, Candra menyampaikan, Sumbar terus berbenah untuk menggalakkan kualitas dan mendorong ekspor. Saat ini, Sumbar telah siap untuk mengekspor 10 ribu ton manggus ke China. (Sihab/detik)

 

SHARE THIS: