Kemendag Prediksi Neraca Perdagangan Juli Defisit Lagi
Posted by redaksi2 on 8th August 2018
| 26 views

AktualPress.com— Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan memprediksi neraca perdagangan pada Juli 2018 akan kembali mengalami defisit.

“Kinerja perdagangan kita kurang menggairahkan, atau tidak menggairahkan. Januari kita defisit. Dari 6 bulan pertama, 4 bulan itu defisit, Januari defisit, Februari defisit, Maret surplus, April defisit, Mei defisit, Juni surplus,” ujar Oke di Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), Jakarta Timur, Selasa (7/8).

Dia menyampaikan, impor sejak awal tahun hingga Mei 2018 mengalami kenaikan sebesar 24,77 persen. Meningkatnya impor ini menyebabkan perdagangan mengalami defisit sehingga Kemendag terus diminta untuk mengendalikan impor.

“Impor sampai Mei meningkat 24,77 persen. Ini kalau bahasa kami selalu dibagi dua. Komposisi yang diimpor itu, ini karena defisit terus kemendag ditegur tegur. Tolong kendalikan impornya, tolong dorong ekspornya,” kata dia.

Dia menjelaskan, sebenarnya naik turunnya neraca perdagangan di luar kendali Kemendag. Sebab, Kemendag hanya hanya mengendalikan barang impor sebesar 42 persen. Sementara sisanya 58 persen berada di luar wewenang Kemendag.

“Dari jumlah barang yang diimpor kurang lebih 42 persen dikelola Kemendag, selebihnya 58 persen diimpor tapi Kemendag enggak bisa apa-apa karena tidak ada dokumentasi yang harus dilengkapi dari Kemendag itu impor,” jelasnya.

Dia menambahkan, masalah utama ekspor kita selama ini selama 5 dekade masih didominasi produk natural intensif produk. Jadi kalau surplus karena nilai komoditi naik saja bukan komoditi primer jadi produk manufaktur.

“Jadi harus segera kita dorong industri orientasi ekspor dan geser produk primer ke bernilai tambah tinggi” ucapnya. (Sihab/merdeka/kumparan)

 

SHARE THIS: