410 Film Hollywood Ini Dipengaruhi CIA dan Pentagon
Posted by @Editor on 10th August 2018
| 22 views

Aktualpress.com—Pada tahun lalu, dua penulis bernama Tom Secker dan Matthew Alford mempublikasikan sebuah laporan detil yang mengeskpos program propaganda Pentagon dan CIA lewat ratusan film Hollywood.

Laporan ini berdasarkan 4.000 halaman dokumen rahasia yang diambil dari Freedom of Information Act.

“Dokumen-dokumen ini untuk pertama kalinya memperlihatkan bahwa pemerintah AS bekerja di balik layar 800 film besar dan lebih dari 1.000 judul acara TV,” demikian isi dari laporan tersebut.

Melihat daftar judul film yang dikelola oleh Pentagon dan CIA ini, para penikmat Hollywood mungkin akan terkejut. Selain film yang dapat diprediksi seperti Black Hawk Down, Zero Dark Thirty, dan Lone Survivor, terdapat juga film yang sama sekali tidak terduga dapat disentuh dengan propaganda militer, seperti Earnest Saves ChristmasKarate Kid 2, The Silence of the LambsTwister, film-film Iron Mandan bahkan Pitch Perfect 3.

Menurut laporan ini, ketika penulis dan produser Hollywood membutuhkan akses kepada aset militer untuk membuat sebuah film, mereka harus memberikan naskah film mereka kepada kantor hubungan hiburan Pentagon dan  Departemen Pertahanan untuk pemeriksaan.

Jika ada karakter, aksi, atau dialog yang tidak disetujui oleh Departemen Pertahanan, di pembuat film harus melakukan pengubahan yang sesuai dengan keinginan militer.

Tom Secker dan Matthew Alford, dalam laporan mereka berjudul Elisting an Audience: How Hollywood Peddles Propaganda, mencatat bahwa kebanggan warga Amerika sebagai masyarakat anti-sensor dengan kebebasan berpendapat merupakan kebanggan yang semu. Pada akhirnya, warga Amerika adalah korban proganda oleh pemerintah mereka sendiri, ketika di saat yang sama mereka mengkritik contoh propaganda di Rusia, China, atau Korea Utara.

Di bawah ini merupakan daftar 410 judul film Hollywood yang dipengaruhi propaganda Pentagon dan CIA. Judul-judul ini hanya setengah dari total seluruh film dan dikumpulkan oleh website investigasi FOIA, Spy Culture.

 Mayoritas Warga Amerika Akui Medsos Sensor Pandangan Politik Tertentu

Sekitar 7 dari 10 warga Amerika merasa platform media sosial secara sengaja menyensor pandangan politik tertentu. Demikian temuan dari Pew Research Center dalam sebuah penelitian yang dirilis pada Kamis (28/6/18).

Penelitian ini dilakukan di tengah debat tentang kekuatan perusahaan teknologi digital dan bagaimana mereka menjalankan bisnis mereka.

Perusahaan media sosial, seperti Facebook Inc dan Alphabet Inc’s Google, akhir-akhir ini banyak dikritik karena gagal mencegah kemunculan berita bohong di situs mereka.

Berdasarkan survei dari 4.594 orang dewasa AS yang dilakukan antara 29 Mei dan 11 Juni, sekitar 72% dari respoden percaya bahwa platform media sosial secara aktif menyensor pandangan politik yang tidak disukai oleh perusahaan tersebut. (ra/mintpress)

SHARE THIS: