Bappenas Optimis Pertumbuhan Ekonomi Tahun Ini 5,3 persen
Posted by redaksi2 on 11th August 2018
| 62 views

AktualPress.com— Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini akan mencapai 5,2-5,3 persen.

“Yang paling memungkinkan tahun ini kita tumbuh 5,2-5,3 persen,” ujar Bambang di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (8/8).

Bambang menilai, pertumbuhan ekonomi kuartal II 2018 dapat menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan di kuartal selanjutnya.

Akan tetapi, kata dia, pertumbuhan ekonomi pada kuartal II didorong oleh konsumsi yang tertolong dengan adanya momen puasa dan lebaran.

“Iya, memang momentum yang bagus. Tapi saya lihat disini komposisi dari pengeluaran kan sangat tertolong oleh konsumsi, dan konsumsi ini sangat tertolong oleh adanya lebaran dan puasa, ditambah THR dan gaji ke-13,” ucapnya.

Dia menyampaikan, untuk menjaga momentum pertumbuhan kuartal II, pemerintah harus bisa menjaga konsumsi masyarakat agar tetap di kisaran lima persen pada kuartal berikutnya.

“Jadi tantangan pemerintah ini adalah menjaga kesinambungan dari momentum pertumbuhan ini,” tutur dia.

Selain itu, menurutnya, yang mesti diberikan perhatian untuk menjaga pertumbuhan ekonomi lebih baik adalah Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) atau investasi yang pertumbuhannya menurun dari 7,95 persen menjadi 5,87 persen.

“Jadi menurut saya, demi menjaga pertumbuhan ini lebih bagus lagi ke depan maka investasi harus dikembalikan ke potensi semulanya tujuh persen atau lebih,” ungkapnya. (Sihab/republika)

SHARE THIS: