Kementan Dorong Jateng Tingkatkan Ekspor Melati
Posted by redaksi2 on 11th August 2018
| 55 views

AktualPress.com— Kementerian Pertanian (Kementan) tengah mendorong agar Indonesia bisa melakukan ekspor berbagai komoditas. Salah satunya adalah produk tanaman hias yaitu bunga melati.

Dirjen Hortikultura Suwandi menyampaikan, pihaknya saat ini sedang meningkatkan ekspor produk-produk berkualitas dan berdaya saing di tingkat internasional, termasuk bunga melati.

“Sesuai arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman untuk meningkatkan produksi dan mendorong ekspor guna mendulang dollar 2018 semakin nyata, kami berupaya tingkatkan ekspor benih horti, ekspor sayuran, buah, juga tanaman hias seperti bunga melati, produk berkualitas dan berdaya saing di pasar dunia,” ujar Suwandi, Tegal, Jawa Tengah, Kamis (9/8).

Suwandi menjelaskan, di beberapa daerah di Jawa Tengah, seperti Tegal, Pemalang, Batang dan Pekalongan terdapat tanaman melati seluas 600 hektar. Tanaman melati ini siap untuk dipasarkan di dalam dan luar negeri.

Dia mengaku, pihaknya saat ini sedang mendorong tingkatan produksi dan memperkuat kemitraan petani dengan eksportir.

“Kuncinya produksi dan ekspor agar ditingkatkan, sehingga bisa memperoleh devisa dan mensejahterakan mereka,” jelasnya.

Dalam hal ini, PT. Alamanda Utama Sejahtera yang bermitra dengan petani telah berhasil mengekspor 1 ton melati ke Singapura, Malaysia dan Thailand.

Perwakilan PT. Alamanda Utama Sejahtera, Deni Hardiman mengatakan, bulan-bulan dengan permintaan ekspor tertinggi adalah Oktober-Desember.

Dia menyampaikan, pada tahun ini ekspor melati diperkirakan minimal mencapai 100 ton. Ke depan, seiring dengan meningkatnya permintaan ekspor diharapkan bisa lebih baik lagi.

“Tahun 2018 prediksi ekspor minimal 100 ton. Harapan kami seiring permintaan ekpor tinggi, ini sangat cerah dan prospektif, relatif tidak ada kompetitor negara lain. Ini mesti ditingkatkan tanam  dan produksinya,” ucapnya. (Sihab/republika)

 

SHARE THIS: