Produksi Minyak Masih Belum Capai Target
Posted by redaksi2 on 12th August 2018
| 51 views

AktualPress.com— Produksi minyak Indonesia hingga Juli 2018 tercatat sebesar 773.000 barrels oil per day (bopd). Angka tersebut masih di bawah target dalam APBN 2018 sebesar 800.000 bopd.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) telah memprediksi bahwa lifting minyak Indonesia sampai akhir tahun tidak akan mencapai target. Lifting minyak diperkirakan hanya sebesar 775.000 BOPD dan lifting gas sebesar 1,1 juta bopd.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Wisnu Prabawa Taher menyampaikan, penurunan produksi minyak terjadi karena ada penurunan laju produksi atau decline rate yang di luar ekspektasi.

“Secara umum, decline rate sumur yang ternyata lebih tinggi, di luar ekspektasi. Semakin lama beroperasi, tingkat decline rate semakin tinggi, dan khusus nya untuk crude, kandungan air atau watercut semakin tinggi,” kata dia, Jumat (10/8).

Untuk mengatasi decline rate, SKK Migas bersama Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) terus melakukan upaya berupa pemboran sumur, workover, hingga pemeliharaan sumur dan fasilitas.

“Namun dengan upaya pemboran, workover, pemeliharaan sumur dan fasilitas, kami bisa tekan hingga di level 3-4 %,” ucapnya.

Dia mengatakan, jika penurunan produksi tersebut dibiarkan begitu saja, maka decline rate di lapangan-lapangan migas bisa mencapai sekitar 25-30%. Bahkan decline rate di beberapa lapangan migas bisa mencapai 40%.

Selain itu, decline rate juga disebabkan oleh danya pemeliharaan fasilitas produksi sehingga membuat beberapa lapangan berhenti berproduksi. Dalam hal ini, terdapat gangguan fasilitas produksi di beberapa blok migas besar seperti Blok Rokan dan Blok ONWJ.

“Semester I ini, masih terdapat beberapa gangguan fasilitas produksi, contohnya di Rokan dan ONWJ, namun kami segera atasi hal tersebut, namun tentu butuh waktu untuk produksi kembali pulih,” tuturnya. (Sihab/kontan)

 

 

SHARE THIS: