DPR: Pemerintah Harus Perbaiki Data Beras
Posted by redaksi2 on 20th August 2018
| 44 views

AktualPress.com— Anggota DPR RI Komisi IV Ono Surono meminta pemerintah memperbaiki data produksi beras. Sebab, data produksi beras sering kali menimbulkan polemik antarinstansi dan dapat menjadi acuan pengambilan kebijakan.

Selama ini, data beras selalu menimbulkan permasalahan. Data Kementan menunjukkan produksi beras dalam negeri surplus, tapi sejak awal tahun impor beras tetap dilakukan.

Ono mengatakan, sistem data yang benar bisa membuat pemerintah mengambil kebijakan yang tepat.

“Sistem pendataan yang benar perlu segera dibuat untuk menjadi acuan bagi Kementan, Kemendag dan Presiden, sebagai dasar bila akan membuat kebijakan beras,” kata Ono di Jakarta, Jumat (17/8).

Dia menilai, kebijakan impor dilakukan untuk mengisi stok dan memenuhi kebutuhan konsumen dengan harga wajar. Akan tetapi, hal ini bisa berdampak pada kesejahteraan petani.

“Apalagi, ketika pada saat tertentu harga beras naik tidak wajar, terlihat jelas siapa yang diuntungkan, yaitu orang-orang yang selama ini menguasai distribusi,” ujarnya.

Selain itu, dia juga meminta pemerintah untuk memperbaiki tata niaga perberasan dari sisi regulasi maupun praktik di lapangan serta evaluasi atas program cetak sawah maupun benih bagi petani.

Hal tersebut dilakukan agar produksi beras dalam negeri dapat terus mengalami peningkatan. (Sihab/republika)

 

 

SHARE THIS: