Kemendes PDTT Laporkan Keberhasilan Dana Desa
Posted by redaksi2 on 20th August 2018
| 23 views

AktualPress.com— Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melaporkan dana desa telah memberikan perubahan-perubahan yang baik terhadap keadaan di desa.

Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT, Anwar Sanusi menyampaikan, perubahan utama terjadi dai sisi infrastruktur pedesaan, seperti perbaikan jalan-jalan di pedesaan.

“Jadi infrastruktur pedesaan mengalami perbaikan yang luar biasa. Dalam beberapa aspek kita bisa melihat infrastruktur ekonomi ya, yang meyangkut jalan-jalan desa sekarang ini. Menurut saya sudah lebih baik daripada jalan kelurahan,” ujarnya, Kamis (16/8).

Selain itu, kata Anwar, dana desa juga memberikan perubahan pada irigasi di pedesaan. Saat ini, irigasi-irigasi baru di pedesaan telah dibangun untuk meningkatkan produktivitas pertanian.

Dia menuturkan, dana desa juga digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat soal kesehatan dan keselamatan, seperti dan membangun sarana mandi, cuci, kakus (MCK), dan membangun bangunan penahan tanah longsor.

“Tanah longsor itu kan menjadi ancaman serius bagi desa-desa, terutama menimbulkan kerusakan yang cukup parah yang akan merugikan secara ekonomi,” tuturnya.

Di bidang pendidikan, dana desa digunakan untuk meningkatkan sarana pendidikan dasar dan pelatihan-pelatihan untuk masyarakat desa sehingga pedesaan memiliki sumber daya manusia yang berkualitas. (Sihab/republika)

SHARE THIS: