FFI Luncurkan Program Dairy Village Untuk Sejahterakan Peternak Sapi Perah Lokal
Posted by Lestari on 12th September 2018
| 40 views

AktualPress.com – Ada berbagai upaya untuk menyejahterakan kehidupan para peternak lokal agar produksi mereka terus bertambah, sehingga bisa sampai pada level ekspor. Negara tidak perlu impor susu perah karena peternak sapi perah di Indonesia sudah banyak. Yang perlu dilakukan pemerintah adalah terus memberdayakan dan mensejahterakan mereka dengan cara mendukung dan membuka ruang untuk impor yang justru akan membebani dan menjadi tandingan mereka.

Seperti yang dilakukan oleh PT. Frisian Flag Indonesia (FFI) dalam membuat proyek untuk mensejahterakan  para peternak sapi perah lokal. Proyek tersebut adalah sebuah ide yang sudah dilakukan sejak tahun 1996. Eksekusinya mulai dilakukan awal tahun ini dengan cara menandatangani MoU dengan koperasi peternak sapi perah dan kelompok peternak di Jawa Barat.

Dairy Village atau Desa Susu yang dibangun diharapkan dapat menjadi proyek percontohan bagi daerah-daerah lainnya yang memiliki kelompok peternak sapi perah.

Direktur FFI, Andrew F. Saputro, mengatakan bahwa perjanjian kerjasama tidak hanya terbatas pada penyerapan bahan baku susu segar untuk diproduksi, namun juga menjadi upaya pemberdayaan peternak. Ia ingin para peternak mampu meningkatkan kualitas dan produktivitas hasil susu ternaknya secara jangka panjang yang akan berdampak pada perekonomian mereka, agar kehidupan para peternak lebih sejahtera.

“Kami berharap penandatanganan MoU ini bisa menjadi awal penguatan kemitraan jangka panjang serta mampu mendukung kehidupan yang lebih baik untuk para peternak sapi perah binaan kami, “ujar Dedi Setiadi, Ketua KPSBU Lembang.

Memang, yang terlibat dalam proyek tersebut adalah Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU) Lembang, Koperasi Peternak Bandung Selatan (KPBS) Pangalengan, Koperasi Bayongbong Garut, Koperasi Saluyu Kuningan, Kelompok Peternak Sinar Mulya, dan Kelompok Peternak Lembah Kemuning. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: