5 Cara Pertahankan Berat Badan Ideal Setelah Diet
Posted by Lestari on 13th September 2018
| 45 views

AktualPress.com – Ketika berat badan kita sudah tidak ideal alias berlebihan, kita selalu berusaha untuk menjalankan diet dengan alasan akan menimbulkan berbagai macam penyakit. Bagi sebagian orang, diet adalah cara yang cukup sulit untuk dijalankan karena harus mengurangi porsi makan dan mengkonsumsi makanan khusus untuk menurunkan berat badan. Namun bagi sebagian orang, diet adalah cara yang cukup mudah jika dilakukan dengan tekad dan niat yang serius.

Ketika sudah berhasil diet dan berat badan turun ideal, kita tidak boleh langsung gembira karena berat badan dapat naik lagi dengan mudahnya. Seperti kata pepatah, menurunkan berat badan jauh lebih mudah daripada mempertahankannya.

Ketika berat badan kita sudah ideal, apa yang harus kita lakukan untuk mempertahankan berat badan ideal tersebut? Di bawah ini ada 5 cara yang bisa kita lakukan untuk mempertahankan berat badan kita setelah diet, antara lain:

Pertama, menjaga pola makan dan minum. Menjaga pola makan dan minum tidak dilakukan ketika kita diet saja, tetapi juga harus dilanjutkan secara terus-menerus setelah diet agar berat badan kita terus ideal. Cara menjaga pola makan dan minum adalah dengan menjaga waktu makan setiap hari. Usahakan untuk tidak makan berat setelah jam 7 malam, karena pada saat itu lambung sedang berada pada posisi lemah untuk memproses makanan. Lalu, ketika makan, gunakan piring kecil untuk porsi makan. Jika dalam waktu dekat sudah merasa lapar lagi, minumlah segelas air dan tunggu hingga 5 menit, rasakan apakah kita benar-benar lapar atau tidak. Kemudian ketika makan, kunyahlah makanan secara perlahan agar makanan yang masuk ke tubuh dapat teratur.

Kedua, perbanyak aktivitas. Gunakan waktu seharian kita untuk memperbanyak beraktivitas, agar tubuh selalu bergerak. Banyak duduk dan tidur adalah salah satu faktor yang menimbulkan obesitas (kegemukan).

Ketiga, konsumsi buah dan sayur. Gantilah cemilan kita dengan buah dan sayur. Buah dan sayur dipercaya dapat menjaga berat badan ideal dan mengurangi resiko penyakit kanker dan jantung koroner.

Keempat, jalan kaki. Cara yang cukup baik untuk mempertahankan berat badan ideal adalah dengan cara memperbanyak jalan kaki atau turun tangga sebanyak 10.000 langkah per hari.

Kelima, konsumsi lemak sehat. Makanan yang mengandung lemak sehat seperti kacang-kacangan, alpukat, dan minyak ikan bagus untuk dikonsumsi sebagai pengganti dari makanan yang mengandung lemak jenuh. (AL/Liputan6)

SHARE THIS: