Haley: AS Akan Balas Serangan ke Idlib
Posted by @Editor on 14th September 2018
| 54 views

Aktualpress.com–Duta AS untuk PBB Nikki Haley mengancam bahwa serangan apapun ke provinsi Idlib di Suriah akan dibalas oleh Amerika.

Hal ini ia katakan di tengah upaya Washington untuk menghalagi tentara Suriah dan Rusia yang mencoba mengusir sisa jihadis di Idlib.

Dalam wawancara dengan Fox News pada Rabu (12/9/18), Haley menyebut bahwa AS sudah pernah menyerang Suriah dua kali atas tuduhan penggunaan senjata kimia oleh pemerintah Damaskus.

“Jangan uji kami lagi,” katanya, menunjuk kepada pemerintah Suriah dan sekutunya, Rusia dan Iran.

“Tindakan buruk apapun kepada rakyat sipil di Idlib akan kami balas,” imbuhnya.

Idlib merupakan titik terakhir bagi berbagai kelompok jihadis yang berupaya menjatuhkan pemerintah Presiden Bashar Assad, dengan dukungan dari AS, Turki, Arab Saudi, dan negara lain. Kelompok jihadis terkuat yang bercokol di Idlib bernama Hayat Tahrir al-Sham (HTS), yang dulu dikenal dengan nama Jabhat al-Nusra. Kelompok ini terafiliasi dengan Al-Qaeda,  organisasi teroris yang bertanggungjawab atas serangan 9/11 pada 2001 di AS.

 

Teroris Mulai Syuting Serangan Kimia Palsu di Idlib

Para teroris di Idlib, Suriah, telah memulai rekaman serangan kimia palsu untuk diberikan kepada media global pada hari Selasa (11/9/18), demikian laporan dari militer Rusia.

Sejumlah saluran televisi Timur Tengah dan AS diketahui telah dikirim ke Jisr al-Shughur di Idlib untuk memproduksi rekaman provokatif ini.

“Semua rekaman provokatif yang disiapkan di Jisr al-Shughur akan dikirim ke kantor berita di berbagai  TV, yang akan disiarkan setelah publikasi di media sosial,” papar pihak dari Russian Center for Syrian Reconciliation.

Menurut laporan mereka, berbagai kelompok Islamis ini dilengkapi dengan dua kanister “kimia berbasis klorin” untuk pelaksanaan operasi ini.

Militer Rusia juga menyebut dalam rekaman ini, akan ada adegan White Helmets yang berpura-pura membantu para korban senjata kimia yang disebut dijatuhkan oleh pemerintah Suriah.

Pemerintah Moskow telah berkali-kali memperingatkan bahwa akan ada operasi bendera palsu senjata kimia yang tengah disiapkan di Idlib, dalam rangka memberikan justifikasi kepada AS dan sekutunya untuk menyerang pemerintah Suriah. (ra/rt)

 

SHARE THIS: