Spanyol Ingin Desak Uni Eropa Akui Negara Palestina
Posted by @Editor on 24th September 2018
| 74 views

Aktualpress.com–Menteri Luar Negeri Spanyol Josep Borrell menyatakan pada Kamis (20/9/18) bahwa pemerintahnya akan dorong Parlemen Eropa untuk mengakui Palestina sebagai negara independen.

Jika tindakan ini gagal, pemerintah pimpinan PM Pedro Sánchez itu akan melakukan pengakuan sendiri saja.

Pengakuan negara independen Palestina awalnya dicanangkan oleh partai-partai sayap kiri Spanyol kepada PM Sanchez. Namun, pihak oposisi mengklaim jika Spanyol melakukan tindakan itu, Israel dapat mengakui negara independen Catalonia sebagai balasan.

Pada 2017 lalu, pemerintah Spanyol pimpinan PM Mariano Rajoy mendesak Israel agar tidak mengakui kemerdekaan Catalonia, tetapi Israel memilih untuk tidak berpihak.

Meski mendapat peringatan dari oposisi, menlu Borrell menyatakan akan tetap melakukan proses konsultasi yang intensif dengan rekan-rekannya di Eropa untuk mencapai posisi bersama dalam isu Israel-Palestina.

Menurut informasi dari Pemerintah Palestina, sudah ada 139 negara yang mengakui Palestina sebagai negara independen. Sementara, Uni Eropa memiliki pertentangan pendapat mengenai hal ini. Posisi resmi UE adalah mendukung solusi dua-negara.

Irlandia Boikot Produk Israel

ewan parlemen Irlandia tertinggi, Seanad, pada Rabu (11/7/18) meloloskan rancangan undang-undang pemboikotan barang dan jasa yang berasal dari pemukiman ilegal Israel.

Setelah mendapat suara setuju dari 25 senator dan 20 menolak, RUU ini masih harus melalui seleksi di dewan parlemen lebih rendah, Dáil Éireann, sebelum resmi menjadi hukum negara.

Pelolosan RUU ini berpotensi membuat Irlandia menjadi negara pertama di dunia yang memboikot barang dan jasa dari pemukiman ilegal khusus Yahudi di Tepi Barat, Palestina.

Jika undang-undang ini diresmikan, Irlandia kemungkinan akan menolak produk impor Israel seperti buah-buahan, sayuran, bir, plastik, dan kosmetik. (ra/mintpress)

 

SHARE THIS: