Ini Usul DPR Soal Polemik Impor Beras
Posted by redaksi2 on 25th September 2018
| 71 views

AktualPress.com— Anggota Komisi IV DPR RI Andi Akmal Pasluddin memberikan usuluan untuk mengakhiri polemik kebijakan impor beras antara.Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Budi Waseso (Buwas) dengan Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita.

Menurut Andi, akal permasalahan impor beras adalah soal data. Pemerintah seharusnya mengandalkan data produksi pangan Badan Pusat Statistik (BPS), bukan pada Kementerian Pertanian (Kementan).

“Yang harusnya jadi pegangan data produksi pangan harusnya data BPS, bukan data Kementan. Karena itu hanya data internal, sehingga kurang tepat kalau Pak Darmin mengkambinghitamkan data Kementan,” ujar Andi, Sabtu (22/9).

Dia menyatakan, jika pemerintah ingin mengambil kebijakan, maka data yang digunakan itu data BPS. Jika diperlukan data pembanding, pemerintah bisa mengambil data Bulog karena stok beras ada di gudang-gudang Bulog.

Akan tetapi, kata dia, masalahnya adalah sejak tahun 2016 pemerintah tidak lagi memiliki data pangan resmi sehingga BPS tidak mengeluarkan data produksi beras.

Kemudian, atas permintaan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), BPS tengah menyiapkan metode penelitian yang baru, terkait data pangan BPS yang selama ini dinilai tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Menurut kabar, data tersebut akan dirilis BPS pada Oktober 2018. (Sihab/liputan6)

 

 

 

SHARE THIS: