Indonesia Ekspor Mangga ke Malaysia dan Singapura
Posted by redaksi2 on 9th October 2018
| 14 views

AktualPress.com— Indonesia berhasil mengekspor manga ke Malaysia dan Singapura untuk pertama kalinya. Ekspor mangga ini dilakukan oleh PT Mahkota Multi Mandiri di Jawa Timur.

“Hari ini kita ekspor mangga ke Malaysia dan Singapura. Ini untuk pertama kalinya tembus pasar dua negara. Ini luar biasa,” kata Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman, Senin (8/10).

Amran menyampaikan, ekspor mangga perdana yang dilakukan oleh PT Mahkota Multi Mandiri seberat lima ton. Mangga yang diekspor ini berjenis arumanis yang berasal dari Jombang, Kediri, Gresik, dan Lamongan.

Untuk tahun ini, PT Mahkota Multi Mandiri menargetkan bisa mengekspor mangga seberat 100 ton. Saat ini, Jawa Timur sedang panen mangga sehingga produksi mangga melimpah dari berbagai daerah, di antaranya adalah Pasuruan dan Probolinggo.

Selain mangga, komoditas lain yang juga dilepas ekspornya adalah bawang merah asal Probolinggo ke Filipina dengan volume ekspor 800 ton selama 2018 dan benih kangkung asal Lamongan dengan volume ekspor yang sama dengan bawang merah. Ekspor komoditas ini dilakukan CV Bawang Mas 99.

Dia menyebutkan, ekspor komoditas hortikultura pada tahun lalu secara nilai mencapai Rp 441 triliun. Capaian itu naik 24 persen dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini, kata dia, nilai ekspor komoditas hortikultura bisa lebih tinggi, dan melebihi capaian tahun sebelumnya.

“Yang jelas (target tahun ini) lebih tinggi dari tahun sebelumnya,” ucapnya.

Sampai saat ini, beberapa komoditas yang sudah tembus pasar ekspor adalah mangga, manggis, salak, nenas, benih sayuran, bawang merah, serta tanaman hias. (Sihab/kompas/republika)

SHARE THIS: