Nikki Haley Mundur dari Jabatan Duta AS untuk PBB
Posted by @Editor on 11th October 2018
| 59 views

Aktualpress.com —Presiden AS Donald Trump menerima surat pengunduran diri dari duta PBB Nikki Haley.

Duduk bersama di Gedung Putih pada Selasa (9/10/18) pagi, Trump mengkonfirmasikan kepada media bahwa sang diplomat akan keluar pada akhir tahun ini.

Alasan pengunduran ini ialah Haley ingin “istirahat” dari jabatan layanan publik.

Trump mengatakan, Haley telah memberitahunya tentang rencana ini sejak 6 bulan lalu. Ia pun memujinya karena telah melakukan pekerjaan dengan baik di bawah masa pemerintahannya.

“Dia telah melakukan pekerjaan yang luar biasa dan kami melakukan pekerjaan luar biasa. Kami telah menyelesaikan banyak masalah dan kami berada dalam proses memecahkan banyak masalah,” ujar Trump.

“Kami semua bahagia untuk Anda, namun di saat yang sama kami tidak suka kehilangan Anda – semoga Anda akan kembali lagi namun dengan kapasitas berbeda,” tambahnya.

Haley, seorang mantan gubernur Carolina Selatan dari partai Republik, merupakan salah satu anggota kabinet pemerintahan Presiden Trump yang pertama. Ia dikonfirmasikan jabatannya empat hari setelah pelantikan Trump.

Setelah menjabat di PBB, Haley terkenal sangat gigih membela kebijakan-kebijakan Trump yang kontroversial mengenai Iran, Rusia, Suriah, Palestina, dan Venezuela.

 

Berdemo Di Depan Nikki Haley, Mahasiswa AS: “Darah Palestina Ada di Tangan Anda!”

Duta AS untuk PBB, Nikki Haley, menerima sambutan yang buruk dalam pidatonya di Universitas Houston, ketika ia disoraki oleh sekelompok mahasiswa karena telah menyetujui genosida di Palestina.

Dalam pidatonya pada Selasa (22/5/18) itu, Haley tengah membicarakan kesibukannya di PBB ketika ia tiba-tiba diinterupasi oleh seorang mahasiswa yang berteriak “Nikki Haley, darah itu ada di tangan Anda.”

Teriakan protes itu terus berlanjut selama bermenit-menit, sementara Haley hanya berdiri diam di podiumnya.

“Anda telah menandatangani [menyetujui] genosida orang-orang pribumi!” lanjut sang mahasiswa, yang diikuti oleh tepukan tangan dan sorakan.

Selanjutnya, aksi protes dilanjut dengan teriakan bersama-bersama: “Nikki, Nikki tak bisakah kau lihat, Anda menyebabkan pembunuhan massal!”

“Haley, Haley, Anda tak bisa sembunyi, Anda menandatangani genosida!”

Haley telah lama menjadi pendukung Israel dalam perannya sebagai wakil AS di PBB.  Setelah peristiwa genosida pada 15 Mei lalu, ketika Israel membunuh lebih dari 60 warga Palestina di Gaza, Haley membela Israel dalam pertemuan mendesak di DK PBB. Dia pun segera keluar dari ruangan pertemuan ketika wakil Palestina, Riyad Mansour, hendak berbicara. (ra/presstv)

SHARE THIS: