Bentrokan Terjadi Setelah Israel Tutup Sekolah Palestina
Posted by Lestari on 16th October 2018
| 29 views

AktualPress.com – Serangkaian bentrokan sengit terjadi antara demonstran Palestina dengan pasukan Israel setelah rezim Tel Aviv memerintahkan untuk menutup sejumlah sekolah di Palestina, tepatnya yang berlokasi di Tepi Barat yang kini mereka kuasai.

Sekolah-sekolah tersebut melayani pendidikan di desa-desa Palestina as-Sawiya dan al-Lubban di selatan Nablus dan terletak di jalan utama melalui Tepi Barat.

Bentrokan terjadi setelah beberapa siswa terus mencoba untuk masuk sekolah bersama dengan para pejabat lokal di kota Sawiyah, selatan Nablus, pada Senin pagi lalu (15/10). Kemudian pasukan Israel menembaki mereka dengan menggunakan gas air mata.

Setidaknya empat orang terkena peluru karet dan sejumlah demonstran terkenal dampak gas air mata.

Seorang pejabat desa bernama Samer Ewass mengatakan bahwa mereka memprotes keputusan Israel yang menutup sejumlah sekolah. Anak-anak memiliki hak atas pendidikan, mereka memiliki hak untuk duduk di sekolah seperti anak di negara manapun.

Keputusan itu berawal dari keputusan militer Israel yang memerintah untuk menutup sekolah akibat sejumlah siswa Palestina melemparkan batu ke jalan besar terdekat yang digunakan oleh pasukan dan pemukim Israel yang menempati daerah Tepi Barat.

Namun pada akhir Agustus lalu, organisasi internasional Norwegian Refugee Council (NRC) mengatakan bahwa anak-anak Palestina di wilayah pendudukan telah dilarang untuk bersekolah karena rezim Israel telah menghancurkan sekolah-sekolah mereka yang baru dibangun.

NRC mengatakan bahwa sekitar 55 sekolah di Tepi Barat telah dibongkar paksa oleh tentara Israel, padahal sekolah tersebut dibangun dengan dana dan donor dari sejumlaha negara di Uni Eropa.

Banyak yang berasumsi bahwa langkah pembongkaran paksa yang dilakukan oleh Tel Aviv ditujukan untuk mengusir lebih banyak oranga Palestina dari Tepi Barat. Telah lebih dari 600.000 warga Israel yang kini tinggal di lebih dari 230 pemukiman Tepi Barat. (AL/Press TV)

SHARE THIS: