Jaga Persatuan Bangsa di Musim Politik
Posted by @Redaksi on 16th October 2018
| 38 views

AktualPress.com – Dunia politik hari ini diwarnai maraknya fitnah, ujar kebencian, dan hoax yang mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat, bahkan persatuan sesama anak bangsa. Hal ini menjadi perhatian banyak kalangan, termasuk kalangan pesantren.

Menyikapi hal ini Ponpes Sunan Kalijaga Gesikan, Bantul Yoygajakarta dalam siyasah ‘aliyah/politik kebangsaan-kerakyatan menjaga keutuhan NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika pun menghimbau pada seluruh santri, kaum muslimin, dan pada seluruh warga bangsa dan negara pada umumnya untuk berpolitik secara dewasa, santun dan berintegritas.

Untuk mencegah terjadi insiden yang tak diinginkan dan membahayakan integrasi bangsa, Ponpes Sunan Kalijaga juga mendukung aparat kepolisian untuk menuntaskan semua kasus penyebaran hoax yang banyak berkembang di masyarakat.

Menurut Pengasuh Ponpes Sunan Kalijaga Gesikan, Beny Santoso, para pendukung kedua pasangan calon mestinya berpolitik dengan dewasa dengan mengadu konsep dan program kebijakan publik. “Bukannya adu domba, mengumbar kebencian dan permusuhan,” kata Beny, Minggu 13 Oktober.

Beny juga meminta agar seluruh elemen masyarakat dan elit politik menghormati seluruh stakeholder utama Pemilu 2019, KPU, Bawaslu dan DKPP. Dan agar mereka bisa bekerja sama dengan elemen masyarakat sipil dalam kerangka pemilu yang jujur, adil, bermartabat dan berintegritas.

KH. Abdushomad, Muassis Ponpes Sunan Kalijaga yang menyatakan mendukung pasangan Joko Widodo dan Kiai Ma’ruf Amin karena merupakan perpaduan pasangan nasionalis-religius, juga berharap pemilu bisa dilaksanakan dengan sehat dan jauh dari hoax.

Menurut Absushomad, dalam politik yang terpenting bagaimana agar pembangunan dan kesejahteraan siapa pun yang memimpin nantinya bukan semata kelompok dan kroninya saja. Pembangunan yang dilakukan tidak hanya bertumpu pada aspek pertumbuhan ekonomi semata, tetapi juga ikhtiar pemerataan dan keadilan sosial serta menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI. (Joko)

SHARE THIS: