Jagung impor dijual Rp 4.000 per Kg
Posted by redaksi2 on 10th November 2018
| 46 views

AktualPress.com— Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan jagung impor sebanyak 50.000 ton hingga 100.000 ton pada akhir tahun 2018 akan dijual dengan harga Rp 4.000 per kilogram (kg).

“Dengan harga jual Rp 4.000 per kilogram (dari) gudang Bulog kepada peternak mandiri,” kata Enggar di Jakarta, Jumat (9/11).

Enggar menjelaskan, penetapan harga sudah diputuskan dalam rapat koordinasi terbatas (rakortas) yang dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Pertanian Amran Sulaiman dan Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso pada pekan lalu.

“Dalam rakortas, disebutkan bahwa sesuai usulan Kementan, kita impor 100 ribu ton jagung dengan harga jual Rp 4.000,” ujarnya.

Dia menyampaikan, jagung impor ini dapat membantu para peternak di tengah kondisi harga jagung yang tinggi. Hasil impor jagung juga dilakukan untuk menjaga kebutuhan para peternak mandiri

Direktur Jendral Perdagangan Luar Negeri Kemendag Oke Nurwan menambahkan, impor jagung dilakukan untuk menekan harga jual jagung yang tengah tinggi di pasaran yang saat ini mencapai Rp 5.800 sampai Rp 6.000 per kg.

Jagung impor tersebut akan datang pada Desember mendatang. jagung impor akan dikirimkan ke sentra produksi ternak ayam dan telur di tiga provinsi, yakni Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. (Sihab/merdeka/republika)

 

SHARE THIS: