Pertumbuhan Ekonomi Indonesia pada 2018 Diprediksi Capai 5,2 Persen
Posted by redaksi2 on 13th November 2018
| 29 views

AktualPress.com— Staf Ahli Kementerian Perencanaan dan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Bambang Priambodo memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia sepanjang tahun ini mencapai 5,3 persen.

“Kami berharapnya lebih baik. Saya kira keseluruhan tahun 5,2 persen,” kata Bambang saat ditemui di Universitas Indonesia (UI), Depok, Senin (11/11).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal III 2018 sebesar 5,17 persen. Angka ini lebih rendah jika dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi pada kuartal II 2018 sebesar 5,27 persen.

Menurut Bambang, meski ada penurunan dibandingkan kuartal sebelumnya, tapi pertumbuhan ekonomi di atas lima persen itu berarti kondisi perekonomian masih dalam keadaan baik.

Dia menilai, pemerintah masih dapat menjaga pertumbuhan ekonomi di kisaran lima persen di tengah tekanan kondisi perekonomian global.

“Kita relatif mampu bahkan tetap tumbuh cukup tinggi dan juga cukup bisa menghadapi tekanan eksternal baik itu dari normalisasi kebijakan moneter Amerika dan perang dagang maupun isu geopolitik lainnya,” ujarnya.

Meski demikian, kata dia, pemerintah perlu mengantisipasi tekanan-tekanan dari luar yang bisa mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Indoneisa.

“Kemungkinan masih terus belangsung tahun depan sampai kemungkinan awal tahun 2020 karena siklus normalisasi kebijakan monternya memang cukup lama. Semoga kita bisa pertahankan seluruh situasi eksternal dengan baik,” jelasnya. (Sihab/liputan6)

 

SHARE THIS: