Guru Besar IPB Ungkap Penyebab Nelayan RI Miskin
Posted by redaksi2 on 15th November 2018
| 29 views

AktualPress.com— Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB) Rokhmin Dahuri menilai nelayan dan pembudidaya yang miskin merupakan tantangan pemerintah dalam menguatkan industri maritim Indonesia.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan, terdapat 20 sampai 48 persen nelayan dan 10 hingga 30 persen pembudidaya yang miskin.

“Ini sebuah fakta yang harus diperhatikan dan diatasi,” kata dia di Jakarta, Rabu (14/11).

Menurut dia, penyebab miskinnya nelayan dan pembudidaya Indonesia diantaranya dikarenakan oleh harga jual hasil tangkap yang terlalu murah dibanding dengan biaya produksi.

Kuantitas produksi dari dua kalangan ini terutama usaha kecil dan menengah, kata dia, terlampau rendah dibandingkan pengusaha perikanan skala besar.

Dia menyampaikan, hasil tangkapan yang rendah tersebut terjadi karena sebagian besar nelayan dan pembudidaya masih menerapkan metode tradisional dalam menangkap, membudidayakan, mengolah ikan.

“Contohnya, 625.633 unit kapal ikan, hanya 3.811 unit diantaranya atau sekitar 0,6 persen yang tergolong modern,” ucapnya.

Selain itu, dari 60.885 Unit Pengolahan Ikan (UPI), hanya 718 unit atau sekitar 1,2 persen yang dimanajemen secara modern. (Sihab/republika/antaranews)

 

 

SHARE THIS: