Kementan Targetkan Swasembada Kentang 2020
Posted by redaksi2 on 15th November 2018
| 40 views

AktualPress.com— Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan swasembada kentang untuk memenuhi kebutuhan industri pada 2020.

“Kita sudah swasembada kentang granula untuk konsumsi sejak 2018, sedangkan kentang atlantik untuk kebutuhan bahan baku industri, swasembadanya target paling lambat 2020,” kata Direktur Jenderal Holtikultura Kementan Suwandi di Jakarta, Rabu (14/11).

Saat ini, Kementan tengah berusaha untuk meningkatkan produksi kentang dan mengejar pencapaian swasembada, salah satunya dengan berkordinasi dengan para pelaku usaha.

Suwandi menyampaikan, kentang untuk bahan baku industri ini adalah kentang atlantik yang pasokannya masih mengandalkan impor. Akan tetapi, berbagai varietas seperti Median, Bliss, dan Omabeli telah ditemukan sebagai substitusi kentang atlantik melalui perkembangan teknologi pembenihan.

Suwandi mengantakan, dengan benih lokal tersebut, ke depan Indonesia tidak akan mengandalkan impor. Dia sendiri mengaku optimis swasembada akan tercapai.

“benih kentang lokal ini punya keunggulan bisa diproses secara tertentu sehingga hasil produknya akan bermanfaat bagi kesehatan,” ujarnya.

Dia menyebutkan, awalnya swasembada kentang industri ditargetkan pada 2019. Namun, melihat kesiapan dan kemampuan produksi serta proses panen, target swasembada kentang diundur hingga 2020.  (Sihab/antaranews)

 

 

SHARE THIS: