Warga Gaza Rayakan Pengunduran Diri Lieberman
Posted by @Editor on 16th November 2018
| 45 views

Aktualpress.com—Warga Gaza berkumpul di depan rumah pemimpin Hamas Ismail Haniyeh pada Rabu (14/11/18) untuk merayakan pengunduran diri Avigdor Lieberman dari jabatan menteri pertahanan Israel.

Lieberman mengumumkan pengunduran dirinya menyusul kebijakan kabinet Israel untuk memberlakukan gencatan senjata.

Faktor lainnya adalah menurunnya popularitas Lieberman akibat peristiwa Gaza dan ketidakmampuannya memperoleh hasil yang diharapkan (di hadapan poros perlawanan Palestina).

Lieberman juga mengaku bahwa partainya kini memilih keluar dari koalisi PM Benjamin Netanyahu.

Gencatan senjata antara Israel dan Gaza merupakan yang terburuk sejak perang 2014. Militer Israel melancarkan serangkaian serangan udara ke kawasan penduduk di sepanjang wilayah Jalur Gaza. Akibatnya, terdapat setidaknya 7 orang Palestina terbunuh dan lebih dari 30 lainnya terluka. Sementara, serangan balasan dari Hamas menyebabkan 2 orang Israel tewas di Ashkelon, dan 20 lainnya terluka.

Dewan Keamanan PBB segera menggelar rapat darurat terkait situasi ini sesuai permintaan dari Kuwait dan Bolivia. Namun, pertemuan selama 50 menit berakhir tanpa adanya pernyataan konklusif dari dewan.

Duta Kuwait untuk PBB, Mansour al-Otaibi, mengaku kepada wartawan bahwa “kami tidak mendapatkan solusi atas situasi di Gaza” karena perbedaan pendapat antar anggota dewan.   (ra/AFP)

 

SHARE THIS: